Saturday, November 6, 2010

Home » » Makhluk Ghaib Gunung Merapi

Makhluk Ghaib Gunung Merapi

NAMA gunung Merapi sudah cukup popular di kalangan masyarakat Indonesia.

Ia kerap dikaitkan dengan hal-hal berbau misteri, antaranya kehadiran makhluk makhluk ghaib sebagai penguasa dan penghuni gunung itu.

Menurut laporan akhbar Pos Metro Balik Papan, masyarakat setempat yakin penghuni dan penguasa Gunung Merapi memang ada. Mereka memanggilnya Eyang Merapi.

Masyarakat setempat juga meyakini, untuk naik ke sana, harus memberi salam atau sekadar minta izin.

'Kulo nuwun Eyang, kulo ingkang sowan, sumangga silakna rikma niro,' begitulah kata-kata yang dilafazkan penduduk di sana ketika mendaki gunung tersebut.

Mereka percaya, sang penguasa Gunung Merapi sangat tersinggung apabila ada pendatang baru yang neko-neko (berbuat macam-macam) atau pethakilan (buat tidak senonoh) tanpa memberi salam.

Hal-hal itu, jika dilanggar, akan berakibat buruk hingga boleh bawa maut.

'Mereka yang sama sekali tidak mengucap salam dan meminta izin dipercayai akan tersesat dalam hutan hingga terjerumus ke jurang,' kata seorang penduduk.

Menurut kepercayaan orang di sana, setiap pendatang baru di kawasan Kinahrejo nescaya bakal celaka jika mereka menyakiti hati penduduk setempat.

Beberapa warga setempat menggambarkan sosok penguasa Gunung Merapi sebagai makhluk yang menyeramkan, tetapi berhati mulia dan tidak bermaksud jahat.

Besarnya kepercayaan masyarakat setempat terhadap kewujudan Eyang Merapi membuat mereka yakin akan hal-hal mistik yang terjadi yang menimpa masyarakat.

Misalnya, penduduk di lereng Gunung Merapi itu percaya bahawa pintu gerbang yang membawa ke kaki gunung di situ bertindak sebagai pelindung bahaya.

Pintu gerbang yang berdiri selama sembilan abad itu belum pernah musnah dek bencana Merapi, padahal secara teknikal, daerah itu terdaftar sebagai daerah bahaya.

Memang, jika dibandingkan penduduk desa lain, nasib penghuni Desa Kinahrejo dan sekitarnya boleh dianggap lebih baik.

Desa yang konon termasuk desa kesayangan Eyang Merapi itu menjadi saksi sebuah kehidupan yang serba nyaman dan tenteram.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Friend Update